Thursday, June 12, 2008

Sumber Inspirasi

Suatu kali, di pagi subuh.
"Say, kamu kan pernah keluar dari comfort zone. Boleh tau nggak apa yang membuat orang keluar dari confort zone-nya?" Tanya Nowo di sepanjang perjalanan menuju tempat fitness.
"Kalau aku dulu, aku bosan aja ama manajemen yang ada. Sebenarnya, sih, Mas, orang keluar dari comfort zone, karena dia punya target tertentu, dan dia berani untuk keluar mencapai targetnya. Emang kenapa, Mas?"
"Nggak. Aku punya teman di kantor yang jarang sekali berbaur, sampai-sampai kita sering merasa dia nggak di situ."
"O.. itu...," sahutku cepat. Meluncurlah cerita-cerita yang pernah aku alami dari mulutku saat itu. Nowo pun menceritakan rencananya untuk membuat temannya lebih terbuka. Saat itu, melihat dia ingin membantu temannya ke arah yang mungkin lebih baik, yang mungkin bisa menimbulkan sisi baik dari temannya, membuatku terperangah. Alhasil, aku menjadi semangat menceritakan tentang seorang temanku, yang waktu pertama kali aku ketemu di induction meninggalkan rasa aneh di hatiku. Nyatanya, dia menjadi satu grup denganku. Dia lebih banyak diam, lebih banyak tak berkomentar, ketika kita dengan ributnya menentukan nama grup. Dia baru muncul ketika kami satu grup menemukan kesulitan dan tidak bisa memecahkan. Dia dengan lagak khasnya membantu kami. Kami bangga dengannya, tapi tetap dia diam dengan sejuta pemikiran yang bergelayut di otaknya. Sampai di satu sesi, di mana kami digiring untuk saling bercerita, tercetuslah kisahnya karena pancingan sang psikolog. Dia bercerita dengan tampang yang sangat dingin, seakan ingin bercerita tanpa perlu respons balik. Itulah... Setelah pulang dari induction, snagat berubah apa yang dulu melekat. Dia menjadi teman yang berubah, aktif dan hangat.
Nowo mendengar cerita ini manggut-manggut. "Wah, teman kamu hebat ya...". Aku nyengir.

----

Pernahkah dalam perjalanan hidup kita sampai seusia sekarang menemui satu sosok, yang tidak ngetop, yang tidak lebih hebat dari kita dan mungkin saja masih culun, menjadi pencerah untuk satu kasus? Pernahkah ketika kita bercerita ke seseorang, kemudian orang tersebut menceritakan kasus yang hampir sama dengan apa yang terjadi pada kita dan kita menemukan jalan pencerahan dari cerita itu? Aku yakin, sih, sebagian besar orang pasti pernah merasakan. Nah, pernahkah kepikir kalau orang tersebut bisa disebut sumber inspirasi? Pasti nggak pernah kepikir. Karena momok di sekitar kita, sumberinspirasi umumnya adalah tokoh-tokoh ngetop yang bahkan masa hidupnya tak pernah kita alami. Orang yang tidak lebih hebat, yang masih culun ataupun yang tidak kharisma, bisa saja menjadi sumber inspirasi kita. Dalam perjalanan sampai usia 34 tahun ini, banyak-banyak orang yang berseliweran depanku yang seringkali menjadi sumber inspirasi. Mungkin karena itu, kalau ditanya tokoh idola, aku nggak punya. Wong apa yang terjadi di skeitarku, bisa aku atasi karena suka melihat sekitar. Nah, salah satunya temanku yang di atas itu. Aku bisa membuatnya menjadi bahan solusi bagi suami tercinta. Jadi, mulai deh lihat-lihat kiri kanan, siapa yang selama ini sering menjadi seperti jawaban di setiap kasus anda... atau bisa jadi anda adalah sumber inspirasi mereka....:)

No comments: