Tuesday, May 03, 2005

31 tahun

Kemarin. 2 Mei 2005. Aku berusia 31 tahun. Bergudang rencana dari dua minggu sebelumnya, untuk mengisi hariku ini, seharian bersama sang buah hati, seperti hari-hariku di tahun yang lalu.
Itulah rencana... nyatanya pada harinya, aku dibiarkan tak bisa keluar dari segala rutinitas kantor. Setumpuk pekerjaan mengharuskan aku menghabiskan waktu di meja kerja hingga melewati masa maghrib. Tapi, tetap namanya hari ulang tahun, banyak hal surprise yang sepertinya sengaja di create olehNya. Berawal dari acara bangun tidur, suami dengan entengnya membangunkanku tanpa sedikit kemesraan, yaitu dengan ucapan "Say, udah jam 6, bangun, mandi,gih." Beda sekali dengan cara Ibuku bila membangunkanku pada hari ultahku, pasti ciuman di pipiku mendarat dengan manisnya disertai ucapan "selamat ulang tahun". Dan tololnya, dengan setengah mengantuk, aku sama sekali tidak protes, malah aku segera lari kekamar mandi dan menyiram tubuhku di bawah shower. Baru saat itu, aku sadar, aku berulang tahun ya....belum lama pikiran itu datang, sebuah teriakan kakakku menyerbuku, "Mel, Happy birthday,ya..." yang sepertinya terburu-buru pergi ke kantor.
Begitulah hariku dibuka, yang akhirnya ucapan selamat ulang tahun keluar dari mulut suamiku.
Ucapan semacam itu kadang seperti magic buatku, membuatku kadang terharu, apalagi kalau itu datang dari orang yang tak kuduga sebelumnya. Seperti tanteku, yang sudah lama sekali tak pernah kuhubungi, dia menghubungi Ibuku dan bilang "Hari ini Meli ultah,ya, bude". Uiih..aku sampai terheran-heran, "Ibuku bilang kalau ultah kamu sih pasti ingat, wong pas pendidikan nasional." Hahaha..aku sempat geer juga, ternyata beliau ingat karena tanggalnya sama dengan hari nasional disini. Belum lagi, candaan teman-teman di kantor, mereka sempat bikin keributan yang membuat pipi dan telingaku memanas, karena polahnya. Tetap...yang satu itu masih bisa dimaafkan untuk hari ini.
Hariku seakan makin lengkap dengan aku dan beberapa temanku ditraktir lunch di marche, seperti kebiasaan pada umumnya di departemenku, kemudian mendapatkan satu kartu dari asuransiku, dengan kata-kata yang sangat bagus : "No matter how old you are, there's something good to look forward to.."
Aha, kata-kata tersebut seakan mengingatkanku, bahwa berulang tahun bukan masalah bagaimana mengisi harinya, tapi seharusnya aku mulai memikirkan kemajuan apa yang menunggu di depan dan harus dijemput.
Jadi, sebenarnya poin-poin surprise tersebut hanya untuk menghias hari jadi, dan mengingatkan aku bahwa begitu banyak teman, saudara yang aku punyai...betapa berharganya waktu yang mereka luangkan untuk memberi ucapan selamat padaku, memberikan bingkisan bahkan untuk sebuah kecupan dan nyanyian selamat ulang tahun, seperti yang diberikan oleh Helmy, buah hatiku. Terimakasih untuk semuanya,ya.. Alhamdulillah...

PS: coretan yang baru bisa lengkap setelah 2 hari dari kejadian...(dan ini salah satu bingkisan untuk diri sendiri, boleh,kan?)

No comments: