Wednesday, January 23, 2008

41 tahun jadi Presdir

Kemarin, ada pancingan email (dari aku) tentang Suryo Suwignjo, yang menjadi Presiden Direktur pada usia 41 tahun di IBM Indonesia. Pancingannya ditambah kata-kataku,
Menyambung curhatan Ujang tentang menjelang 40 tahun..:)
Umur 41 tahun, jadi presdir IBM... walah.. gw udah hampir 34 tahun aja masih jadi engineer....*garis tangan tnyt menentukan, ya, Han?*


Catatan: sehari sebelum kemarin, Ujang sempat nyentuh-nyentuh usia 40 tahunnya (walaupun masih 3 tahun lagi sih...). Han di email itu maksudnya Yohan, teman yang benar-benar karirnya melejit setelah dari PT Siemens Indonesia. Bisa dibayangkan, lepas dari Siemens, dia jadi Planner Consultant buat Nokia Indonesia dengan gaji kurang lebih 5000 USD. Posisinya ini menyebabkan dia santai, karena buat pekerjaan standard, dia tidak perlu turun tangan. Kalau ada pekerjaan yang benar-benar urgent, baru dia diturunkan. Jadi kebayang, dong, dalam satu bulan, baktinya dia hanya dihitung dengan jumlah jari di tangan sebelah kanan atau kiri saja. Belum selesai kontrak dia sebagai konsultan, Huawei Indonesia menarik dia. Tawaran pertama sebagai CTO di Kuala Lumpur. Gemetar dia waktu mendengar itu. Negosiasi dilakukan, dia akhirnya bisa menjadi (hanya) GM Marketing untuk Huawei Indonesia. Dia sujud syukur, karena buat menjadi CTO, dia belum merasa pantas. Kisah inilah yang akhirnya membuat genk aku yang lain (Amel, Belinda, Adri dan Silvi) berkesimpulan bahwa garis tangan dia pasti beda dengan garis tangan kami.

Email berlanjut....

Beben membalas yang pertama :
Mel,
Beda kalo IBM... Mereka di develop sebagai level Principle bukan kacung kampret.


Aku :
Jadi salah starting stepnya dunk...hehehehehe (maksudnya starting step kami).

Ayib :
Inget, loyalitas juga penting... yg kutu loncat juga belum tentu bisa sampe keposisi puncak.

Aku :
Gw 8 tahun 8 bulan, Ujang, daryatno juga, Pak Agung juga lebih dari gw....
Jadi??..:)
Tetap Ada Yang Menciptakan Garis tangan....:)


Reply-an versi kedua :

Yohan :
Ada kontak info nya dia nggak ya? email atau hp? biar bisa coba ngelamar.. hahahaha :-)

Aku :
Garis tangan elo udah bagus,han...tinggal diasah tuh....
Kalo elo kesitu, gw gantiin elo di huawei ya....hehehehehehe
*kayaknya yg nsn (Nokia Siemens Networks: yang masih di NSN : Irwan, Ujang, Daryatno, Rudy ama Pak Agung-red)lagi banting tulang..gak ada komen satupun. Bukan berarti yg op (operator-red) gak sibuk loh, gw lg nyari inspirasi neh...inspirasi jadi presdir..halah*


Reply versi ketiga, serius nih... Dan memang tujuanku melepaskan pancingan ini untuk mendapatkan diskusi hangat dan menyenangkan.

Yohan :
Hehehe mel,..Garis tangan, nasib memang menentukan,... tapi menurut gua garis tangan, nasib baik itu bisa dipelajari,.. artinya kita bisa mempelajari bagaimana garis tangan dan nasib kita selalu bagus.... pada saat kita berhasil mempelajarinya maka garis tangan kita dan nasib kita cenderung yang bagus2.... heheheh... bener ngga sich..???

Irwan :
Teach me how to read..:)

Yohan :
haha,.. Irwan jadi penasaran....wah kalo baca garis tangan gua ngga bisa wan......tapi menurut gua yang gua maksud adalah mestinya ada teori2 atau apapun itu yang memnugkinkan kita bisa mempelajari, untuk bagaimana kita bisa merubah atau membuat garis tangan / nasib kita agar cenderung yang bagus2?
misalnya nich... mestinya ada teori membaca peluang... kalau kita bisa berhasil mempelajarinya dan mengidentifikasi peluang dari awal, gua rasa yang berikutnya adalah nasib / garis tangan cenderung bagus....sukese google, utube, microsoft diawali dengan berhasilnya mengidentifikasi peluang dari awal....
itu misalnya loh.. dan itu menurut gua....
bener ngga sich..? heheehehe
mungkin ada teori2 yang lain..???


Irwan :
Yah gue kira dikau itu paranormal, kan bisa buka praktek

Secara bersamaan dengan reply dari Irwan, aku :
Jadi ingat diskusi tadi pagi buta tentang Bill gates, google..:)
Setuju banget ama wejangannya Yohan... Kadang qta udah terlena dengan apa dan dimana qta sekarang, belum lagi semangat sering hilang... Apa yang dibutuhkan? Kalau dari trainingnya dale adalah konsistensi... kalo kata beben di YM statusnya, if you can’t do great things, just do small things in great steps... begitu bukan, Ben???....
Tapi, garis tangan elo, Han, emg beda ama punya gw deh pastinya. you are very lucky apalagi dicombine ama expertise elo....... salutttttttttttttttttt.......


Begitulah....
Dibalik semua itu, banyak yang bisa diambil. Perjalanan sukses bukanlah perjalanan sesaat. Memang dari awal kita dilahirkan sudah ada tulisan takdir kita yang mengering, tapi Tuhan juga tidak menutup mataNya buat semua usaha kita. Kalau kata Ibuku, berusaha, berdoa dan bangun pagi-pagi sebelum Subuh (bukan hanya bangun tidur, tapi beribadah maksudnya), akan membuat rezeki kita nggak dipatok ayam. Wadduh... masa' saingan ama ayam.... Diskusi-diskusi seperti inilah yang sebenarnya missing di lingkungan kerjaku sekarang dan sering memompakan sejuta energi semangat ke seluruh aliran darahku. jadi tetap semangat, jangan sampai saingan kita hanya seekor ayam..:)

PS: buat eks- anak buah Pak Agung.....

1 comment:

Anonymous said...

Coretan elu tuh yah..:pancingan email..lo pikir temen2 elo ikan??
Hehe..itulah bedanya elo, temen" elo dan gw...

Gw: tak pernah terpancing dengan status garis tangan..karena tangan gw ga bergaris (hehe lo liat deh tangan gw garisnya cuman 3, itu karena dr bayi gw kepal2 buat latihan tinju doank..)
Doesn't mean: .. 41 tahun jadi petinju wanita indonesia pertama.. :-)