Friday, January 12, 2007

6 tahun



6 tahun yang lalu....
12 Januari 2001. Jam 4 pagi.

"Nduk, bangun," suara Ibuku memecah mimpiku. Aku melirik sekilas. "Udah jam 4, kamu kan belum bisa pakai softlense sanggar putri mau datang jam 6 loh," sambung Ibuku.
Aku langsung bangkit dari tempat tidur mengingat satu masalahku, yaitu pasang softlense! Sumpah, kalau saja minus mataku tidak lumyaan tinggi, aku rela berburam-buram sebentar.
Mandi secepatnya. Lari ke kamar lagi. Mengambil softlense yang masih direndam di air pelarutnya. Lari lagi ke wastafel, mulai memelototkan mata. Berkali-kali berkedip, berkali-kali lepas. Keringat mulai membasahi wajahku. Tepat jam 5.30 pagi, berhasil memasang softlense. Uiiihhh, lega... ingat perjuanganku semalam, kali ini aku patut berbangga.
"Berhasil?" tanya Mbak Ari.
"Akhirnya... hehehehe"
"Nduk!! Sanggar Putri udah datang!" teriak Ibuku dari bawah. Aku langsung mengambil long torso, kebaya broken white, dan langsung melesat menuju kamar Ibuku, yang akan jadi calon kamar pengantinku.
"Pagi, Mbak," sambut Ibu periasku.
"Pagi," jawabku.
"Siap,kan?" Aku mengangguk.
"Mbak ini, ya, yang mau ninggalin suami setelah nikah nanti?" tanya asisten perisaku. Aku mengangguk.
"Nggak takut, Mbak... kayak di sinetron itu loh....adduh, aku lupa judulnya," sahutnya lagi.
"Nggak, Mbak," jawabku enteng. Entah didalam hatiku saat itu, aku yakin sekali dengan calon suamiku, yang pasti akan selalu setia, sabar. Karena bagiku, cintanya sudah cukup teruji.
"Iyalah, Mas Nowonya kelihatan baik sekali lo," sahut si Ibu perias.
Tepat jam 8.00 pagi.
Urusan rias, busana beres. Aku sempat mendengar suara-suara di luar bahwa rombongan pengantin pria telah datang.
Akad nikah. Jam 9.00. Setelah beberapa upacara ala Jawa beres dilakukan.
Tiba-tiba ada setitik rasa dingin di pipiku.
"Mbak," panggilku lirih. Mbak Andri mendekat ke arah meja akad nikah.
"Softlensenya lepas"
Jadilah acara akad nikah dengan satu softlense, serasa bajak laut.
Hingga malam hari, pesta pernikahan di rumah.
Malamnya, tepar dengan sukses.
Pagi. Tanggal 13 Januari 2001.
Jam 6 pagi. Membereskan rumah, setelah pesta kemarin.
Jam 10 pagi. Digiring ke gedung Balairung Kiani. Kain untuk basahan ala solo sepanjang lima meter sudah siap.
Jam 7 malam, gending Jawa sudah bertalu, tanda acara sudah mulai.
Jam 9 malam, waktu pesta usai. Semua orang repot melepas kostum di tempat, hanya kostumku yang tidak diterima.
"Nanti-nanti aja balikinnya. Ribet, Mbak," sahut asisten periasku.
Jadilah malam itu sesampai di kamar kami, beberapa orang sibuk membantu. Ada yang melepaskan lilitan kain, ada yang melepaskan kembang goyang, konde, belum lagi poni palsu dari arang.
Tepat tengah malam, beres semua.
Paginya, langsung melesat ke Bandara Soekarno hatta, pergi ke Lombok.
----
12 Januari 2007

"Mas, happy anniversary, ya," ujarku ketika melihatnya masuk ke kamar kami setelah mandi.
"O, iya,ya..." jawabnya sambil mencium pipi dahiku. Seperti biasa, suamiku ini memang suka lupa tanggal-tanggal bersejarah.
"Pas hari Jumat lagi,ya, say. Persis kayak waktu kita nikah" lanjutnya. Aku hanya nyengir-nyengir kuda, tak ada harapan tangannya akan mengulurkan satu bingkisan untukku. Sudah ingat saja, syukur buatku. Apalagi ini, lupa.....
Aku sudah cukup bahagia dengan rencana kejutan yang aku siapkan, hasil kerjasama dengan teman kantornya dan adikku.... Tunggu saja siang nanti, gumamku dalam hati.
Enam buah mawar merah putih, melambangkan tahun pernikahan kami, strawberry cheese cake dan satu mug bertuliskan:
www.sayangkamu.com, sudah aku siapkan.
"Kita nonton, ya, say, nanti sore," ujarnya lagi.
"Boleh," jawabku.
Yah.. yang jelas pagi ini cukup istimewa buat kami, apalagi ditambah ucapan selamat dari orang-orang yang kami cintai....

PS: For our 6th anniversary... Semoga cinta kita selalu indah setiap saat.....

2 comments:

Anonymous said...

Pantesan dari minggu lalu elo sibuk nanyain pesen mug dimana....
Ternyata...
Met annivessary mel en mas nowo..
Semoga langgeng teruss..

Anonymous said...

eh sumpah lu.. jadi akhirnya bikin mug?? tapi blm ada laporan kalo mug-nya pecah kaaannn... :))

any way, happy anniversary yaaa...